Januari 31, 2006

TOEFL Reading Section dan Project Gutenberg

Posted in Bahasa pada 5:30 pm oleh Dimas Kurniawan

tempo hari saya berkesempatan ngobrol dengan teman saya yang jago toefl. kesempatan ini saya manfaatkan untuk bertanya tentang tips sukses toefl khususnya reading section. saya perlu memaksimalkan bagian ini untuk menutupi kekurangan saya pada bagian grammar.

dia kemudian menyarankan saya untuk berlatih scan reading agar dapat membaca lebih cepat sambil tetap mengerti isi bacaan. untuk melatih ini, saran dia lagi, saya bisa memulai dengan membaca novel atau bacaan ringan lainnya. wah saya sempat bingung pada awalnya. gimana nggak, untuk mendapatkan bahan bacaan (ringan dan baik) dalam bahasa inggris sulit. klo pun ada harus beli dan mahal (demi sedikit nilai toefl, ngga worthy biaya yg dikeluarkan).

kemudian saya ingat tentang project gutenberg. situs ini memberikan banyak bacaan berbahasa inggris (sebenarnya banyak buku dengan bahasa selain inggris) yang gratis. salut buat pengelolanya. sebenarnya ingin sekali melakukan donasi agar situs ini tetap ada, tapi sayang kantong belum penuh 🙂

Iklan

Januari 30, 2006

Jaga Bahasa Anda

Posted in Bahasa pada 10:39 pm oleh Dimas Kurniawan

karena kekaguman saya pada bahasa (sebagai jawaban atas keraguan orang lain atas kemampuan verbal saya), saya merekomendasikan blog polisi bahasa indonesia. sudahkah pemahaman bahasa anda benar?

Papercraft

Posted in Kerajinan pada 8:59 pm oleh Dimas Kurniawan

image_00016_kecil.jpg

satu dari papercraft awal yang saya buat. idenya dapat dari robert sabuda. sederhana dan kebetulan cocok buat hadiah untuk seseorang. sayang ngga jadi dikirimkan. bentuknya kue ulang tahun. sedikit saya tambahkan warna biar rada meriah, tapi masih belum maksimal.

image_00017_kecil.jpg

Presentasi

Posted in Rupa-Rupa pada 1:37 pm oleh Dimas Kurniawan

sejak baca presentation zen, saya jadi ter’obsesi’ dengan presentasi. sedemikian rupa telah memberi ledakan2 ide untuk presentasi.

sempat juga mengikuti presentasi teman2 saya dalam menghadapi ujian tugas akhir mereka, dan menemukan bahwa audiens mereka tidak menghiraukan (apa lagi istilah klo audiens mulai bicara sendiri), dan memang slide2nya ‘penuh’ dan mereka berbicara seperti yang tertulis di slide tersebut (terdengar membosankan khan?).

jujur saya juga sebenarnya bukan orang yang baik untuk berkomunikasi dengan orang lain, terutama untuk close relationship (perkawanan, sahabat, …), tapi mungkin klo berbicara pada orang banyak, lain ya rasanya. paling ngga mereka khan anonymous.

sebagai acuan untuk membuat presentasi mungkin bisa dimulai dengan garr reynolds. dia juga yang buat presentation zen. tips2nya mulai dari persiapan, penyampaian sampai tips membuat slide. menyenangkan.

kemudian coba lanjutkan ke prof. lawrence lessig. teknik presentasinya unik dan kayaknya bakal banyak memberi inspirasi buat presentasi2 saya.

Januari 29, 2006

Pada Perempuan

Posted in Puisi pada 8:13 pm oleh Dimas Kurniawan

pada perempuan yang duduk di ujung meja satunya

terlihat
terdengar
tak terjangkau

terpikir
terucap
tak teraih

teringin
terindu
tak terkira